header-image-papsi-its
gambar-tips-and-trick-buat-persiapan-kerja-praktek

- 16 Maret 2017

Yess, setelah menjalani aktivitas yang padat akhirnya mimin baru bisa menulis lagi gan,,, maaf ya udah lama  tidak menyapa dan saling sapa, hoho

Sesuai tema kali ini gan, eeiitttsss tunggu dulu pasti udah gak sabaran bukan kalo udah denger yang namanya tips and trick bakalan diterapkan apa nggak ya..? mimin sih berharap banget bisa diterapkan oleh agan-agan semua...
Sebelumnya Kerja Praktek itu apa dulu gan..?

Semua orang pasti sudah tahu, hanya saja mimin pengen mendefinisikannya dalam bahasa mimin sendiri,,, menurut mimin kerja praktek itu seperti sebuah tantangan baru dalam dunia perkuliahan yang terlibat langsung dalam dunia kerja, karena disini kita akan langsung dihadapkan dengan sebuah persoalan yang nantinya bisa kalian selesaikan dalam tim maupun kelompok...

Agak lebai ya bahasanya, ya kira-kira seperti itulah pendapat mimin.

Kali ini mimin akan berbagi tips and trick berdasarkan pengalaman mimin sendiri,,, oh ya mimin lupa bilang kalo sebenarnya mimin juga alumni papsi...

Mengenai kerja praktek yang akan mimin bahas hanya seputar kerja praktek Papsi ITS,

Di papsi ITS memang diwajibkan untuk melakukan kerja praktek, karena kerja praktek ini nantinya akan menunjang kelulusan agan-agan di Papsi ITS serta menambah pengetahuan agan-agan akan dunia kerja seperti apa nantinya.

Apa sajakah persiapan yang harus  dilakukan, sebelum melakukan kerja praktek..?

Pesan mimin kalo bisa hal dibawah ini dilakukan satu bulan sebelum agan bener-bener melaksanakan kerja praktek, karena hasilnya pasti akan lebih memuaskan. Silahkan dicoba bagi yang percaya aja.
  1. Hal pertama tentu saja memilih anggota tim yang cocok sama agan, artinya yang bisa agan handalkan saat menjalani kerja praktek, tim yang bisa agan percayai, tim yang kompak pastinya.
  2. Tentukan tema/judul apa yang akan agan-agan buat untuk judul profosal kerja praktek.
  3. Menentukan tempat untuk melakukan kerja praktek.
  4. Membuat proposal untuk diajukan ke perusahaan.
  5. Jika semua sudah siap dan sudah dilakukan, pastikan agan-agan untuk mencari bahan atau informasi tentang program yang agan buat. Cari sebanyak-banyaknya gan buat cadangan juga gak apa kok. 
O ya gan, itu tadi persiapan sebelum melaksanakan kerja praktek. Lalu bagaimana jika sedang melaksanakan kerja praktek.? Langsung aja gan, hajar....!!!
  1. Buat jadwal harian untuk proses pengerjaan program dan buku pada kerja praktek agan-agan.
  2. Lakukan pembagian tugas yang melibatkan tim agan sendiri, pembagian tugas disini misalkan, si A mengerjakan front-end dan back-end, si B mengerjakan buku dan bisa juga membantu si A.
  3. Pilih  salah satu orang dari tim agan untuk dijadikan ketua tim, tugas dari ketua tim ini harus bisa mengontrol/memandu/mengingatkan temen se-tim akan tugasnya masing-masing, tapi jangan berpikir kalo jadi seorang ketua tugasnya Cuma seperti yang diatas, tetap harus membantu temen yang lain juga.
  4. Lakukan pendekatan dengan dosen pembimbing maupun asisten pembimbing agan-agan yang sudah ditetapkan.
  5. Usahakan untuk selalu konsultasi  dan bertanya kepada dosen pembimbing atau asisten, jika ada kendala/kesulitan dalam mengerjakan program atau buku  minimal 3 x seminggu.
  6. Dan jangan lupa harus selalu aktif bertanya dan berbagi informasi kepada tim lain atau pun dosen-dosen yang telah membimbing agan-agan.
  7. Hampir lupa gan, biasanya ditempat perusahaan kalian melakukan praktek kerja, disana juga ada pembimbing yang ditetapkan dari persuhaan untuk membimbing agan-agan juga. Nah, gunakan kesempatan itu gan untuk lebih banyak bertanya lumayankan dapat ilmu baru.
Mimin rasa sudah cukup untuk postingan kali ini, sekali lagi dan tidak lupa mimin selalu berharap semoga postingannya bermamfaat buat mimin dan buat agan-agan semuanya...

See you gan...!!! 

Share artikel ini ya...